Kontrak Belajar

MELATIH PERKALIAN

MELATIH PERKALIAN

Materi pembelajaran MTK di kelas IV salah satunya adalah pembagian. Menurut pemahaman Saya yang masih minim ilmu dan pengalaman, materi pembagian nantiknya dipengaruhi atas kemampuan siswa dalam perkalian.

Observasi yang Saya lakukan di kelas sendiri bahwa sebagian besar siswa belum hafal perkalian di luar kepala.

Padahal sebelumnya siswa sudah hafal namun lupa kembali atau belum lengket di ingatannya.

Ini akan menjadi pro dan kontra karena sebagain praktisi pendidikan berpemahaman bahwa perkalian tidak perlu di hafal. Namun saya termasuk sebagian prkatisi yang menganggap perkalian harus hafal di luar kepala.

Nah, untuk hal tersebut bisa tercapai maka saya berusaha mencari metode atau cara yang bisa saya lakukan.

Beberapa hal yang saya lakukan adalah

1. Mencetak (baca:print) perkalian 1 sampai 10 dan diminta siswa menempel di dekat tempat tidurnya.

2. Memberikan latihan perkalian 1-10 dengan angka acak.

link download disini

3. Memberikan kuis perkalian disela pembelajaran. Semisal saat mau keluar main atau mau pulang. Siapa tepat dan benar Ia yang dahulu keluar.

Nah soal kuisnya semisal

.....x..... = 49

Jadi hasilnya kita tentukan, bukan perkaliannya. Sehingga menurut hemat saya akan membuat siswa berfikir tingkat tinggi.

4. Membuat permainanan kartu. Sebagian mengatakan permainan domino. Hal ini pun akan ada pro dan kontra. Karena sebagian berpendapat bahwa permainan ini takutnya mengajarkan anak pada permainan berbau judi. Namun saya termasuk yang menganggap ini tidak masalah, yang penting kita tanamkan mana yang judi mana yg tidak. Dan judi itu adalah haram secara agama dan secara negara.




Permainan ini sangat mengasikan bagi siswa dan membuat siswa semakin semangat belajar. "Belajar tanpa mereka sadar sedang belajar "

Begitu hal yang saya lakukan dalam salah satu proses pembelajaran MTK.

Hasilnya sedang proses. Semoga hasilnya baik dan dapat meningkatkan kemampuan MTK siswa terkusus perkalian.

Link Download cetak permainan kartu disini

DESCLIMER : Ini bukan lah mutlak suatu kebenaran. Namun hanya berbagi cerita saja 😊

Guru Roby Arjuna

SDN 15 Subarang Tigo Jorong


Komentar

Posting Komentar