Kontrak Belajar

PENINGGALAN KERAJAAN HINDU BUDHA DAN ISLAM

 Kerajaan bercorak Hindu-Budha dan kerajaan bercorak  Islam menjadi sejarah peradaban bangsa Indonesia. Kerajaan-kerajaan ini meninggalkan berbagai peninggalan yang menjadi bukti sejarah bahwa keberadaan mereka benar-benar ada di tanah Nusantara.

Berikut Info grafis yang telah dibuat.


Peninggalan masa kerajaan bercorak Hindu-Budha
  1. Candi. Candi adalah bangunan yang dibuat dengan tujuan untuk memuliakan seseorang yang telah mati yang berasal dari keluarga raja atau orang terkemuka.
  2. Arca. Arca adalah patung yang terbuat dari batu yang di pahat menyerupai seorang manusia atau binatang.
  3. Seni Ukir. Hasil seni ukir atau seni pahat yang dapat kita jumpai sebagai hiasan pada dinding candi.
  4. Karya Sastra. Peninggalan kitab-kitab bersejarah, seperti kitab Sutasoma karya Mpu Tantular. Dalam kitab inilah terdapat kata Bhineka Tunggal, yang menjadi semboyan persatuan kita.
  5. Bahasa dan Tulisan. Peningggalan dari masa kerajaan Hindu-Budha menggunakan bahasa Sansekerta dengan tulisan huruf Pallawa, seperti yang tertulis pada prestasi-prestasi.
Peninggalan masa kerajaan bercorak Islam
  1. Masjid. Masjid adalah salah satu peninggalan sejarah Islam yang paling banyak ditemukan.
  2. Kaligrafi. Kaligrafi adalah suatu seni menulis huruf Arab dengan gaya dan susunan yang indah. Peninggalan kaligrafi pada masa silam dapat kita temui sebagai hiasan ukir atau tulis.
  3. Batu Nisan. Bentuk bangunan sebagai penada dimakamkannya jenazah seseorang.
  4. Keraton. Peninggalan kitab-kitab bersejarah, seperti kitab Sutasoma karya Mpu Tantular. Dalam kitab inilah terdapat kata Bhineka Tunggal, yang menjadi semboyan persatuan kita.
  5. Seni Pertunjukan. Seni yang digunakan para ulama sebagai media untuk menyebarkan agama islam seperti wayang, seni tari, dan seni musik.
  6. Seni Ukir. Seni ukir peninggalan kerajaan Islam biasanya berupa hiasan bentuk dedaunan dan bunga.
  7. Karya Sastra. Seni sastra pada masa perkembangan Islam di Indonesia umumnya berkembang disekitar Selat Malaka dan Pulau Jawa. Pada umumnya berisi ajaran kusus misal tasawuf, filsafat, kemasyarakaan dan tuntunan budi pekerti.
Download file info grafis Peninggalan Kerajaan Hindu-Budha

Jangan lupa share and commment ya.


Komentar

  1. Sangat membantu dan menginspirasi..terimakasih 🙏🙏🙏

    BalasHapus
  2. Wah, Terima kasih kembali 🙏🏻

    BalasHapus

Posting Komentar